Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia – “Gejala leukemia bisa sangat berbeda, yang semuanya dapat sangat membatasi aktivitas penderitanya. Gejala umum termasuk kelelahan ringan, nyeri sendi dan tulang, sering memar. Jika Anda mengetahui gejalanya dan segera melakukan pemeriksaan, ini bisa membantu. meningkatkan peluang Anda untuk sembuh. Namun, perawatan selanjutnya mungkin lebih kompleks tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gejalanya.”

, Jakarta – Leukemia merupakan salah satu jenis kanker darah yang dapat menimbulkan gejala yang sangat mengkhawatirkan. Gejala leukemia ini akan sangat mengganggu bagi penderitanya sehingga tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Leukemia sendiri terjadi karena produksi sel darah putih yang berlebihan. Sel darah putih ini akan menyerang jaringan pembuluh darah, sumsum tulang belakang dan kelenjar getah bening. Namun, tidak seperti kanker lainnya, leukemia umumnya tidak membentuk massa atau tumor. Lambat laun akan menimbulkan gejala yang muncul tiba-tiba di dalam tubuh.

Beginilah Gejala Leukimia Yang Terjadi Pada Orang Dewasa

Leukemia bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Pengobatan leukemia bisa lebih kompleks tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gejala leukemia. Namun dengan mengenali gejala kanker darah ini sedini mungkin, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk sembuh.

Seperti disebutkan sebelumnya, leukemia terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak sel darah putih. Sel-sel abnormal ini kemudian mencegah sel darah putih bekerja melawan infeksi di dalam tubuh. Tubuh tidak dapat memproduksi cukup sel darah putih normal untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh sebagaimana mestinya.

Akibatnya, tubuh pengidap leukemia tidak dapat menghancurkan virus, bakteri, atau jamur berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Penderitanya juga terkena infeksi, mengalami infeksi berulang atau bahkan infeksi berat.

Infeksi pada tubuh dapat menimbulkan gejala mirip flu, yaitu demam, menggigil, batuk, sakit tenggorokan, hingga suhu tubuh yang tinggi mencapai 38 derajat Celcius atau lebih. Suhu dan demam yang tinggi ini juga dapat menyebabkan pasien mengalami keringat berlebih, terutama pada malam hari.

Kenali Tanda Tanda Kanker Darah Mulai Sekarang

Leukemia juga dapat merusak kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan sel darah merah memiliki tugas yang sangat penting, yaitu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah, Anda mungkin mengalami gejala leukemia, seperti anemia atau kelelahan yang tidak kunjung hilang, bahkan setelah istirahat dan tidur. Anda juga sering mengalami sesak napas dan kulit terlihat pucat.

Gejala lain dari leukemia pada orang dewasa adalah munculnya ruam atau bintik-bintik merah pada kulit, memar atau pendarahan yang tidak diketahui penyebabnya. Pendarahan ini dapat terjadi sebagai pendarahan hidung atau gusi. Penderita juga mungkin mengalami pendarahan berkepanjangan dari luka, periode berat atau darah dalam urin atau tinja.

Hal ini karena leukemia telah mengganggu kemampuan sumsum tulang untuk memproduksi trombosit yang dibutuhkan tubuh. Ada cukup trombosit dalam tubuh untuk membantu pembekuan darah.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Sumsum tulang adalah jaringan spons yang terletak di tulang dan mengandung sel punca yang berkembang menjadi semua jenis sel darah. Ketika leukemia terjadi, akumulasi abnormal sel darah putih menyebabkan sumsum tulang menjadi membesar, yang memberi tekanan pada saraf di jaringan tulang, menyebabkan rasa sakit. Gejala leukemia sering dirasakan pada tulang panjang lengan dan tungkai atau pada tulang rusuk dan tulang dada.

Jenis Penyakit Darah Yang Perlu Penanganan Dokter Spesialis

Jika Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda menderita leukemia, pastikan obat-obatan dan kebutuhan nutrisi Anda selalu tercukupi. Anda juga dapat memeriksa kebutuhan kesehatan Anda di . Juga lebih mudah untuk mencari obat atau suplemen karena pesanan Anda bisa tiba dalam waktu kurang dari satu jam. Tunggu apa lagi, ayo unduh aplikasinya sekarang!

Referensi: Kanker Darah Inggris. Diterima 2022. Gejala dan Tanda Kanker Darah. Masyarakat Kanker Kanada. Diterima 2022. Gejala leukemia. Klinik Mayo. Akses ke 2022. Leukemia. Tumbuh Dengan Kekuatan Impian Wanita Indonesia Belajar dari Anak Denada yang Akhirnya Sembuh, Ini Tanda dan Gejala Leukemia Anak.

Parapuan.co- Setelah lebih dari 3 tahun, anak Denada, Aisha Aurum, akhirnya dinyatakan sembuh dari kanker setelah menjalani beberapa kali perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura.

Saat menjadi bintang tamu di acara TV Rosi, Jumat (15/7/2022), Denada juga mengungkapkan bahwa putrinya pertama kali didiagnosis menderita kanker darah.

Jual Buku Kesehatan: Apakah Saya Terkena Kanker? Indonesia|shopee Indonesia

“Kemudian dia mulai demam. Itu baru diketahui setelah dia bertemu dokter dan memeriksa semua jenis darah. Salah satu alasannya.

Atau keluarnya warna biru kebiruan ternyata karena kadar trombosit di dalam tubuhnya sangat rendah saat itu. Baru setelah itu dirujuk ke spesialis darah dan ternyata dicurigai menderita leukemia dan kami membawanya untuk tindak lanjut di Singapura,” tambahnya.

, leukemia dimulai di sumsum tulang, di mana sel darah baru dibuat. Gejala leukemia seringkali disebabkan oleh masalah pada sumsum tulang.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Tanda-tanda awal leukemia bisa sulit dilihat. Mereka juga dapat bervariasi dari anak ke anak, karena tidak semua anak dengan leukemia menunjukkan gejala yang tercantum di atas.

Jual Buku Apakah Saya Terkena Kanker? Indonesia|shopee Indonesia

Banyak gejala yang umum dan dapat menunjukkan sejumlah penyakit. Dokter akan melakukan beberapa tes dan evaluasi sebelum membuat diagnosis.

Jika orang tua atau pengasuh memperhatikan salah satu gejala di atas, yang terbaik adalah membawa anak ke dokter sesegera mungkin. Diagnosis cepat dapat memastikan bahwa anak Anda menerima perawatan yang tepat dengan cepat.

Anak-anak dengan leukemia memiliki sejumlah besar sel darah putih, tetapi sebagian besar sel-sel ini tidak bekerja dengan baik. Ini karena sel normal menggantikan sel darah putih yang sehat.

Sel darah putih membantu melindungi tubuh dengan melawan infeksi. Untuk alasan ini, infeksi berulang atau terus-menerus dapat mengindikasikan bahwa seorang anak tidak memiliki cukup sel darah putih yang sehat.

Tak Cuma Leukemia, Ketahui 3 Jenis Kanker Darah

Jika seorang anak mudah memar dan mimisan berat atau gusi berdarah, ini mungkin mengindikasikan leukemia.

Dalam kasus yang jarang terjadi, leukemia menyebabkan kelemahan parah dan kelelahan yang dapat menyebabkan bicara cadel.

Ini terjadi ketika sel-sel leukemia terkumpul dalam darah, menyebabkan darah menebal. Darah bisa sangat kental sehingga sirkulasi berkurang melalui pembuluh darah kecil di otak.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Seorang anak mungkin tidak dapat menggambarkan gejala secara rinci, tetapi mereka mungkin tampak sakit secara umum. Mereka mungkin juga sering mengalami sakit kepala tanpa alasan.

Waspadai 4 Jenis Leukemia Pada Orang Dewasa

Yang penting, seorang anak dengan pembengkakan kelenjar getah bening dan tidak ada gejala tambahan lebih mungkin untuk mengembangkan infeksi daripada leukemia.

Selain itu, tumor dari jenis kanker lain lebih cenderung memberi tekanan pada vena cava superior dan menyebabkan pembengkakan wajah. Pembengkakan akan semakin parah saat anak bangun, dan akan membaik sepanjang hari.

Ini disebut sindrom vena superior dan jarang terjadi pada leukemia. Namun, itu bisa mengancam jiwa dan membutuhkan perawatan darurat.

Jika seorang anak tampak kesakitan dan mengeluh bahwa tulang atau persendiannya sakit atau pegal, ini mungkin mengindikasikan leukemia pada masa kanak-kanak.

Geliga Landak Jenis Dan Kategori Yang Harus Kamu Ketahui

Artikel Terkait Apa itu terapi garam? Terapi garam besutan Zaskia Mecca anak bisa menyerang segala usia, kenali penyebab dan gejala lupus pada anak Kasus Melonjak, Subvarian Baru Omicron BA.4 dan BA.5 masuk Indonesia, hati-hati gejala yang menyerang Denise RAHASIA EDISI Sebelumnya, ketahui penyebab dan gejala skoliosis pada orang dewasa Waspadalah terhadap kolesterol tinggi, pelajari berbagai penyebab dan gejalanya.

Tayang di Netflix, Ini 5 Atraksi Serial Little Women Makanya Wajib Nonton 481 Kali

Data Anda akan digunakan untuk verifikasi akun saat Anda membutuhkan bantuan atau saat terdeteksi aktivitas yang tidak wajar pada akun Anda. Liputan6.com, Jakarta Penyebab leukemia penting untuk diketahui dan dirawat. Leukemia, juga dikenal sebagai kanker darah, adalah suatu kondisi di mana tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih dari biasanya, mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Penyebab leukemia adalah dari faktor internal dan faktor eksternal tubuh. Penyebab internal leukemia berkisar dari kelainan kromosom, paparan polusi, paparan radiasi dan merokok. Penting untuk mengetahui penyebab leukemia sejak dini agar dapat segera diobati.

Apa Itu Leukemia Dan Bagaimana Cara Melawannya?

Leukemia lebih mungkin menyerang orang yang berusia di atas 55 tahun. Jenis kanker ini juga lebih sering terjadi pada orang di bawah usia 15 tahun. Pencegahan leukemia selalu dapat dilakukan dengan menghindari berbagai penyebab leukemia dan faktor risiko penyakit ini.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab leukemia sejak dini agar penyakit ini dapat diobati lebih cepat. Tidak seperti kebanyakan kanker, kebanyakan leukemia atau kanker darah tidak membentuk gumpalan padat (tumor). Selain itu, gejala kanker darah tidak spesifik dan mirip dengan gejala penyakit lain.

* Fakta atau salah? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan Cek Fakta WhatsApp Liputan6.com nomor 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata yang diinginkan.

Penyebab pasti leukemia tidak diketahui. Penyebab leukemia dapat berkembang dari kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Leukemia biasanya terjadi karena produksi sel darah putih normal (sel kanker) yang berlebihan, sehingga mempengaruhi fungsi sel darah putih normal untuk melawan infeksi.

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Kanker Darah?

Penyebab leukemia atau sel kanker adalah perubahan atau mutasi DNA pada sel darah yang disebut leukosit. Mutasi DNA ini menyebabkan sel darah putih tumbuh dan membelah lebih cepat dari biasanya dan tidak terkendali.

Sel-sel ini juga terus hidup meskipun sel-sel normal suatu saat akan mati dan digantikan oleh sel-sel normal baru. Seiring waktu, sel darah putih normal ini akan menggantikan keberadaan sel-sel sehat di sumsum tulang, seperti sel darah putih normal, sel darah merah, dan trombosit.

Penyebab pasti leukemia tidak diketahui. Namun, ada faktor risiko leukemia yang harus diwaspadai sejak dini. Berikut ini adalah faktor risiko umum untuk leukemia:

Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Penyakit Leukimia

Faktor risiko umum untuk leukemia adalah bahwa orang yang telah menjalani kemoterapi dan jenis terapi radiasi tertentu untuk kanker lain memiliki risiko lebih tinggi terkena jenis leukemia tertentu.

Mengenal Gejala Leukemia (kanker Darah Putih) Sesuai Jenisnya

Kelainan genetik tampaknya berperan dalam perkembangan leukemia. Kelainan genetik tertentu, seperti sindrom Down, dikaitkan dengan peningkatan risiko leukemia.

Paparan bahan kimia tertentu, seperti benzena – ditemukan dalam minyak bumi dan digunakan oleh industri kimia – memiliki peningkatan risiko bagi sebagian orang.

Apa yang kamu ketahui tentang asean, apa yang kamu ketahui tentang panel surya, apa yang kamu ketahui tentang penyakit pneumonia, apa yang kamu ketahui tentang penyakit sinusitis, apa yang kamu ketahui tentang, apa yang kamu ketahui tentang penyakit aids, apa yang kamu ketahui tentang digital marketing, apa yang kamu ketahui tentang teknologi, apa yang kamu ketahui tentang asuransi, apa yang kamu ketahui tentang saham, apa yang kamu ketahui tentang sumpah pemuda, apa yang kamu ketahui tentang google drive

Leave a Reply

Your email address will not be published.