Aplikasi GoodApp : Pendukung Kesehatan Mental dan Produktivitas

Jika dibandingkan dengan dua puluh tahun yang lalu, khususnya sebelum munculnya Operation System (OS) seperti Android dan iOS, laju informasi sangatlah terlihat perbedaannya. Hari ini, kita bisa menerima informasi yang terjadi di belahan lain dunia hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Namun, dua puluh tahun yang lalu, informasi diterima dalam waktu yang cukup lama. Perbedaan ini juga menyebabkan kuantitas informasi yang masuk ke dalam otak menjadi lebih banyak. Ternyata, banyaknya informasi ini memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan mental.

Apakah kamu menyadari bahwa akhir-akhir ini isu kesehatan mental menjadi topik pembahasan oleh banyak orang? Yap, seiring dengan dimulainya normal baru berupa kehidupan digital lewat keberadaan internet of living, ternyata memberikan pengaruh pada kesehatan mental penggunanya. Ini disebabkan oleh begitu banyak informasi yang tidak perlu kita terima, tetapi karena adanya kemudahan teknologi membuat kita terekspos begitu banyak informasi.

Salah satu masalah dalam kesehatan mental yaitu depresi. Ibunda.id, salah satu startup penyedia layanan psikologi memberikan info tentang ciri-ciri bahwa kamu mengalami depresi. Berikut adalah tanda-tanda mental dan fisik seseorang mengalami depresi :

  • Merasa lelah hampir setiap saat
  • Sakit kepala saat teringan trigger-nya
  • Aktivitas buang air terganggu
  • Rasa tidak nyaman pada perut
  • Merasakan nyeri di seluruh tubuh
  • Selalu dibebani rasa bersalah
  • Tiap hari penuh dengan keputus asaan
  • Sulit berkonsentrasi dan mengambil keputusan
  • Memiliki pikiran untuk menyakiti diri secara fisik
  • Tidak mengalami motivasi terhadap segala hal

Jika kamu mengalami beberapa hal di atas, ada baiknya kamu meminta bantuan profesional. Tapi sayang, biaya konseling kepada psikolog profesional masih terlalu tinggi untuk beberapa orang. Solusinya adalah memanfaat sesuatu yang tidak begitu menghabiskan banyak biaya. Kali ini saya menyarankan kamu untuk memiliki aplikasi bernaka GoodApp di ponsel pintarmu.

Sebetulnya saya tidak sengaja menemukan aplikasi ini. Saat sedang mencari launcher minimalis, launcher pilihan saya ternyata memiliki “saudara” bernama Good App. Perusahaan pengembangnya, Tutubi. B.V, sepertinya memang memiliki kepedulian lebih terhadap kesehatan mental dan pengembangan diri dengan mengkampanyekan pentingnya menjalani hidup yang lebih meaningful serta well managed. Setelah saya menggunakannya, saya merasakan benefit yang cukup berpengaruh untuk kesehatan mental karena fitur yang disediakan sangat membantu saya untuk menjalani hari yang lebih tertata. Oke, mari kita bahas tentang bagaimana aplikasi ini bekerja.

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 36 aplikasi yang terbagi menjadi 8 kategori, yaitu :

  • Personal Development Programs: berisi program-program pengembangan diri seperti tantangan 21 hari untuk kamu melatih kebiasaan baru.
  • Digital Wellness: melatih kesadaran digital dengan fitur seperti App Blocker dan Phone Usage.
  • Mental Wellness: melatih kita untuk mengurangi stress dan mendapatkan lebih banyak rasa senang dengan fitur yang membantu kita berpikir positif dengan fitur Positive Affirmation.
  • Stress Buster: senada dengan fitur sebelumnya, fitur ini juga membantu mereduksi stress namun dengan cara menenangkan diri dengan bermeditasi mendengarkan musik relaksasi sebagai salah satu cara yang ditawarkan.
  • Helps in Sleeping: salah satu tanda kesehatan mental terganggu adalah sulit tidur dan aplikasi ini menyediakan fitur yang bisa jadi pengantar tidur
  • Knowledge and Motivation: mental yang sehat ternyata ditunjang oleh motivasi dan pengetahuan yang tinggi. Memanfaatkan waktu untuk tidak mengijinkan hal negatif masuk salah satunya adalah dengan menambah motivasi dan pengetahuan dalam diri.
  • Productivity Booster: aplikasi ini menyediakan sepaket perangkat yang mendukung kita untuk terus hidup produktif

Sayangnya, ada beberapa fitur yang harus berbayar dan masih diselingi beberapa iklan. Namun, tidak begitu mengganggu kok keberadaannya. Jadi saya sangat menyarankan ini untuk kamu yang mau memulai memperbaiki kesehatan mentalmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.