Perbedaan TOEFL dan IELTS yang Perlu Kamu Ketahui

Pada artikel ini saya akan membagikan mengenaik perbedaan utama antara TOEFL dan IELTS. Mungkin saja ada pembaca yang berniat untuk mengambil salah satu tes di atas.

Kedua tes tersebut merupakan tes resmi yang bisa menjadi pengukur tingkat kemampuan bahasa Inggris. TOEFL dan IELTS menjadi dua tes yang paling populer saat ini

Kredibilitas dan pengakuan terhadap kedua tes ini sudah diakui oleh institusi yang mengharapkan pengukuran kemampuan bahasa sebagai persyaratan bagi seseorang yang akan masuk ke dalam perusahaan tersebut. Kemampuan bahasa, khususny bahasa asing dapat diukur dari kemampuan seperti listening (mendengar), speaking (berbicara). Reading (membaca), dan writing (menulis).

Berikut ini perbedaan pertama dari dua tes ini

  • TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini merupakan tes yang umum digunakan sebagai pengukuran di daerah yang US-based.
  • IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. Tes ini merupakan tes yang dimiliki dan diatur oleh Internally Displaced Person (IDP) Australia, The British Council, and Cambridge Examinations.

Lalu apalagi perbedaan antara kedua tes ini dan yang manakah tes yang bisa anda ambil untuk menggambarkan kemampuan berbahasa Inggris anda?

Perbedaan tujuan negara

TOEFL

Secara spesifik TOEFL menyediakan tes dan pengukuran pada kemampuan komunikasi dalam tataran akademik seperti di dalam ruang kelas atau di tingkat universitas. Tes ini lebih mengacu pada United States of America (USA) dan lebih direkomendasikan oleh lembaga yang berada di Amerika seperti sekolah maupun kampus. Namun, beberapa negara dan kampus di United Kingdom (UK) Australia juga menerima tes ini.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun TOEFL diterima untuk mendaftar di universitas yang berada di UK, namun  pengajuan visa untuk studi sudah tidak lagi bisa menggunakan tes TOEFL sebagai persyaratannya  karena adanya kasus penipuan beberapa tahun yang lalu.

Dengan berdasarkan alasan tersebut, bagian imigrasi UK menolak untuk memberikan perizinan penggunaan tes TOEFL sebagai syarat masuk UK untuk mengajukan visa studi. Oleh karena itu, jika anda berniat untuk menjadikan UK sebagai negara tujuan, makan anda sebaiknya mengambil tes IELTS.

IELTS

Perbedaan antara IELTS dan TOEFL adalah, TOEFL lebih digunakan untuk kebutuhan akademik, sedangkan IELTS terbagi menjadi dua bagian : Academic Module yang dipergunakan untuk tujuan akademik, dan satu lagi adalah General Training Module yang digunakan untuk tujuan imigrasi umum. Jadi, tes ini utamanya digunakan untuk keperluan pekerjaan, studi, migrasi ke daerah yang mempunyai lidah asli bahasa Inggris seperti UK, Australis, Kanada, Selandia Baru, dan USA. Tes ini sangat diakui melalui penggunaanya yang mencapai lebih dari 10.000 dari berbagai kalangan. Mulai dari institusi kepegawaian, institusi pendidikan, universitas, sekolah, dan badan imigrasi dalam negara yang memiliki banyak bagian.

Perbedaan Penilaian

TOEFL

Penilaian akhir dari tes TOEFL adalah 0-120, dengan rentang nilai 0-30 pada setiap skill reading, listening, speaking, dan writing yang diujikan.

IELTS

Perbedaan lainnya ada pada penilaian. IELTS tidak menggunakan sistem yang sama dengan sistem penilaian TOEFL. Dalam IELTS terdapat istilah ‘band’ yang menjadi satuan pengukuran penilaian iELTS. Rentang nilainya adalah 0-9.

 

MIsal, Tes reading dan listening memiliki rentang nilai 0-40, nah nilai inilah yang nanti akan dikonversi menjadi satuan ‘band’. Untuk writing dan speaking, penilaiannya berdadarkan sepaket kriteria yang diujikan oleh penguji.

Format Tes

TOEFL

Tes TOEFL dibagi menjadi dua jenis : Paper-Based Test (TOEFL pBT) dan Internet-Based Test (TOEFL iBT). Namun, TOEFL iBT menjadi yang paling populer di kalangan akademisi.

Pada TOEFL yang paper based, tidak menyediakan section speaking pada tesnya karena tes pBT waktunya lebih singkat dibandingkan iBT. Selain itu, pada tes IELTS jenis tesnya lebih terintegrasi antara satu skill dengan skill lainnya. Jadi, misalnya anda harus mampu menuliskan kembali teks yang sebelumnya anda baca. Untuk TOEFL, masing-masing skill terklasifikasi dan rapi.

IELTS

Seperti TOEFL, IELTS juga memiliki istilah paper-based dan computer-based. Perbedaan yang benar benar terlihat pada keduanya adalah tidak ada modul yang menyediakan integrasi dengan skil lainnya. Jadi pada sebuah, soal misalnya, speaking bukanlah hasil dari mempelajari apa yang sudah dibaca, namun kemampuan speaking diukur secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.