Manfaat dan Kegunaan Aplikasi Google Files

Sejak pertama berdiri, Google terus berkembang dan berinovasi. Hingga saat ini, banyak sekali fitur Google yang mempermudah kehidupan kita. Kali ini saya akan menjelaskan tentang manfaat dan kegunaan salah satu bagian dari Google yang bernama Google Files. Aplikasi ini saya gunakan sudah cukup lama karena tidak begitu menghabiskan memori penyimpanan tapi fungsinya cukup krusial.

Fitur Google yang satu ini mirip seperti cleaner apps yang sebelumnya sudah lebih dulu muncul. Google Files memberikan layanan berupa manajemen penyimpanan dimana penggunanya bisa terbantu dalam memilih file-file mana yang harus dihapus dan mana yang harus dipertahankan.

Sebelum membahas fitur-fiturnya, ada beberapa keunggulan Google Files yang membuat saya lebih memilih aplikasi ini ketimbang aplikasi lainnya. Pertama, karena aplikasi ini terintegrasi dengan Google, maka proses registrasinya sangat mudah dan praktis. Kedua, masih dengan alasan yang sama, integrasi aplikasi seperti ini membuat saya lebih tenang dengan privasi data pribadi saya. Ketiga, memori yang dihabiskan sama kecil sekali sehingga tidak mengganggu kerja sistem. Keempat, aplikasi ini memberikan pelayanan untuk membagikan file secara gratis bahkan tanpa tersambung di internet. Menarik sekali bukan?

Oke, langsung saja disimak penjelasan mengenai apa saja yang akan anda temukan dan manfaatnya dari aplikasi ini :

Junk Files

Fitur ini biasanya terletak di posisi teratas aplikasi Google Files. Begitu membuka aplikasi, anda akan disambut dengan pemberitahuan apakah ada file sampah yang harus anda hapus dari perangkat anda. Anda tidak perlu takut file penting yang ada di perangkat akan terhapus, karena junk file yang direkomendasikan untuk dihapus ini berasal dari cache dan memori tidak terpakai di perangkat.

Delete Memes

Fitur selanjutnya adalah fitur yang memberikan kita kesempatan untuk menghapus foto-foto dengan memori sangat rendah. Seringkali, kita tidak sadar foto-foto yang kita gunakan untuk mengirim pesan atau hanya sekadar memberi info lokasi juga menghabiskan banyak memori. Fitur ini sudah menghimpun foto tersebut untuk anda pilih mana saja yang ingin dihapus.

Delete Duplicate

Selanjutnya, ada fitur yang bisa digunakan untuk menghapus file-file foto ganda yang meskipun bobotnya kecil, namun jika terkumpul juga cukup menghabiskan penyimpanan. Saat anda memilih tombol select all, maka  yang terpilih adalah foto kembar yang disarankan untuk dihapus. Foto yang tidak dipilih adalah foto induknya.

Delete Old Screenshots dn Blurry Photos

Fitur Delete Screenshots ini juga sangat memudahkan anda untuk mengingatkan jika folder tangkapan layar sudah terlalu banyak. Jangan sampai, memori anda penuh karena foto-foto tidak terpakai yang ada di folder ini. Foto-foto blur atau yang resolusinya rendah juga bisa dideteksi oleh Google Files sehingga anda tidak perlu repot untuk menyeleksi satu persatu.

Delete Large Files

File yang memiliki kapasitas besar ternyata yang paling menyumbang masalah pada penyimpanan. Jika memori sudah terlalu penuh, performanya juga semakin berkurang. Ini tentu membuat anda tidak nyaman dalam mengoperasikan smartphone. Nah, membuang file besar yang tidak lagi penting jadi salah satu jalan keluarnya. Google Files bisa mendeteksi file mana saja yang memiliki kapasitas terlalu besar. Anda tinggal memilih file mana saya yang harus dimasukkan ke dalam keranjang sampah.

Delete Unused Apps

Pada perangkat anda, pasti ada saja aplikasi yang keberadaannya antara ada dan tiada. Memang aplikasi tersebut ada di HP, namun realitanya tidak begitu difungsikan dengan maksimal. Maka daripada membuat penyimpanan sesak, lebih baik dibuang saja. APlikasi Google File akan memberikan anda saran aplikasi mana saja yang jarang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.