Perbedaan Essay, Makalah, Jurnal dan Artikel

Istilah-istilah tersebut pasti tidak asing di telinga pembaca sekalian. Mungkin banyak yang masih sering salah menggunakan semua kata itu dalam kehidupan sehari-hari. Menariknya, 5 istilah tersebut memiliki kemiripan dalam berbagai hal, mulai dari pengertian hingga sistematika. Di dunia akademik, istilah ini sering sekali dijumpai karena biasanya penugasan yang diberikan pasti berkaitan dengan salah satu dari istilah di atas.

Biar begitu, banyak orang yang tidak bisa membedakan apa yang jadi ciri-ciri satu istilah dengan istilah lainnya. Lebih parah lagi, bahkan sebagian orang salah mengartikan makna atau sering salah penempatan dalam penyebutan saat percakapan.

Nah perbedaan di antara essay, makalah, jurnal, dan artikel ini ada banyak sekali sebetulnya. Beberapa perbedaan mendasar terletak pada sistematika penulisan dan strukturnya. Untuk lebih jelas dan lengkap, silakan simak uraian di bawah ini.

Perbedaan Paper, Makalah, Essay, Jurnal, dan Artikel

Jika kamu cermat, kamu bisa menemukan banyak sekali perbedaannya. Bahkan, kamu bisa melihat secara sekilas. Namun, jika masih belum bisa memahaminya, berikut beberapa perbedaan yang harus diketahui.

1. Pengertian

Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari pengertian masing-masing istilah. Paper, makalah, essay, jurnal dan artikel semuanya memiliki permintaan yang berbeda. Berikut ini perbedaannya

Paper

Secara sederhana, paper memiliki arti ringkasan dari penelitian yang telah kamu buat. Oleh sebab itu, dalam penulisannya tentu dilandasi dengan data serta argumen valid dari penelitian tersebut.

Makalah

Makalah merupakan sebuah karya tulis yang membahas suatu topik tertentu. Pembahasan didasarkan pada hasil kajian Pustaka. Oleh sebab itu juga istilah ini juga merujuk pada pemikiran terhadap suatu topik masalah.

Essay

Essay merupakan karya tulis yang merupakan kombinasi dari fakta dan opini. Oleh sebab itu, karya tulis ini biasanya masih bersifat subjektif. Bahkan, karya tulis ini juga masih cenderung spekulatif.

Jurnal

Jurnal merupakan tulisan yang berisi berbagai artikel informatif serta akademis. Perlu dipahami bahwa jurnal sendiri akan diterbitkan secara periodik. Biasanya dalam 1 tahun akan diterbitkan 2-3 kali.

Artikel

Artikel merupakan tulisan yang tujuannya untuk memberikan informasi. Karena tujuan tersebut, maka dalam penulisannya juga dilandasi fakta. Umumnya, artikel memiliki jumlah kata yang jauh lebih sedikit.

Perbedaan paper, makalah, essay, jurnal, dan artikel bisa dilihat dari pengertiannya. Meskipun terlihat sama, tapi ada perbedaan yang jelas. Apalagi, kelima karya tulis memiliki karakteristik sendiri.

2. Tujuan

Bukan hanya pengertiannya saja yang berbeda. Tujuan dari setiap karya tulis ini memiliki perbedaan mendasar. Kamu akan mengerti perbedaan paper, makalah, essay, jurnal dan artikel ini dengan melihat tujuan penulisannya.

Paper

Pada dasarnya, karya tulis paper lebih sering digunakan untuk melatih kemampuan menulis mahasiswa. Hal tersebut digunakan supaya mahasiswa mampu mengungkapkan pemikiran secara ilmiah atas hasil karya tulis lainnya.

Makalah

Karya tulis makalah memiliki tujuan yang luas. Umumnya, ini dipakai untuk menyampaikan sebuah hasil penelitian setelah mengumpulkan data. Itulah mengapa di akhir makalah juga disertakan sumber data yang digunakan.

Essay

Essay pada umumnya memiliki tujuan untuk menyampaikan pendapat. Gagasan dalam bentuk fakta dan opini perlu diakui kebenarannya oleh orang lain. Oleh sebab itu, karya tulis ini juga memberikan pandangan baru.

Jurnal

Tujuan penulisan jurnal adalah untuk mengembangkan sebuah penelitian dalam tema tertentu. Hal ini kemudian dapat dijadikan sebagai acuan oleh penulis lain yang ingin menulis tema sama.

Artikel

Tujuan artikel sendiri adalah untuk menyampaikan informasi, baik fakta maupun opini. Selain, itu, artikel juga memiliki bentuk yang lebih ringkas. Itulah mengapa penulisan ini jauh lebih banyak tersedia.

3. Persamaan

Dalam dunia pendidikan di berbagai tingkatan, kelima karya tulis ini memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Ada beberapa penulisan yang menjadi karya tulis lainnya. Misalnya dari artikel ilmiah yang disatukan menjadi jurnal. Secara umum kelima karya tulis itu sudah disampaikan dalam acara akademis seperti prosiding dan konferensi

Perlu dipahami bahwa meskipun ada perbedaan paper, makalah, essay, jurnal, dan artikel, kelima ini memiliki persamaan. Semuanya dipakai untuk menyampaikan opini serta fakta untuk menjelaskan sebuah permasalahan. Dalam beberapa kasus, karya tulis ini merupakan hasil penelitian awal. Maka, dengan begitu penelitian yang selanjutnya harus berdasarkan penelitian yang sudah terjadi sekarang. Dengan begitu permasalahan pada topik mendapatkan perspektif baru.

Pada akhirnya, kelima karya tulis ini tetap memiliki kesamaan dalam beberapa aspek. Memang, ada perbedaan paper, makalah, essay, jurnal, dan artikel sehingga kamu dapat memahami setiap karakteristik karya tulis ilmiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.